BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 26 Maret 2010

BAOBAB, Tumbuhan Botol Raksasa

Sobat, kali ini kita akan berkenalan dengan pohon unik dari daratan Afrika. Namanya Baobab. Bentuknyha besar dan tinggi laksana sebuah botol raksasa. Di Afrika sana, pohon ini disebut sebagai pohon kehidupan.Mengapa demikian, ya??

Tempat penyimpanan air yang hidup
Sobat yang dirahmati Allah, tumbuhan Baobab adalah sebuah tempat penyimpanan air yang hidup. Batang pohon Baobab tidak seperti kebanyakan pohon. Ia lembut, berserat, dan basah. Para gajah menggaruk batang pohon Baobab untuk mengeluarkan air dari seratnya. Orang yang haus dapat mengebor sebuah kubang pada batang pohon Baobab, mengambil seratnya yang lembut dan basah, kemusian memeras airnya untuk diminum.
dari bekas lubang yang dibor tadi, air masih bisa keluar dan dapat dimanfaatkan terus-menerus. Bahkan, kadang-kadang bagian tengah dari pohon mati secara alami dapat terbentuklah sebuah tempat penyimpanan air. Pohon Baobab ukuran besar diketahui dapat menyimpan air yang dapat diminum sampai dengan galon.
disepanjang kalahari, berderet pohon-pohon Baobab sepanjang sekitar 96 kilometer. tempat penyompanan air yang hidup ini 'menyelamatkan' banyak kehidupan. Hidup tidak akan berjalan dibeberapa bagian Afrika tanpa adanya pohon Baobab. di gurun-gurun di Sudan, ada 30.000 pohon Baobab di mana orang-orang mengambil air untuk seluruh negeri.

Tumbuhan monster
Bagi orang yang hidup didekatnya, Baobab menjadi bagian kehidupan yang tidak dapat dipisahkan.Penduduk Madagascar menyebut pohon Baobab sebagai pohon "renala" yang artinya ibu dari hutan. Pohon Baobab dapat hidup selama ribuan tahun, tetapi dengan pertumbuhan yang dangat lambat. Ia memerlukan waktu seribu tahun untuk mencapai diameter sekitar 5 meter. Sebuah pohon yang berdiameter 25 meter dinyatakan telah hidup sejak sebelum banjir Nabi Nuh. pohon lain yang ditemukan di oulau Mombasa telah tumbuh besar sejak Vasco Da Gama mendarat disana. Beberapa pohon juga masih menyimpan peluru meriam dari perang yang berlangsung beberapa abad yang lalu dalam batang mereka.
Sebagian orang menyebut pohon ini sebagai tumbuhan monster. Hal itu karena Baobab memiliki ketahanan yang luar biasa. Sebagian pohon masih terus tumbuh memanjang setelah ditebang jatuh ke tanah. Menebangnya tidak berarti memusnahkannya. Akar-akarnya, yang dapat mencapai 40 meter dari batang, menahan kehidupan mereka bahkan setelah pohon itu roboh.

Dimana saja ada pohon Baobab???
Pohon Baobab tersebar luas di daerah-daerah di afrika. Selain itu, Ia juga tumbujr di Madagascar, India, Ceilon, dan Australia. Baobab tumbuh di banyak tempat di Zimbabwe. Di provinsi utara, Baobab dapat dijumpai di daerah di antara LImpopo dan Zoutpansbreg. Messina adalah kotanya Baobab. Terdapat "baobab separuh jalan" yang terkenal di antara Louis Mesina yang menjadi sumber mata air yang diambil banyak orang airnya.

Kegunaan Baobab

  • selain seratnya dapat dibuat sup, daun Baobab dapat dimakan seperti bayam atau dikeringkan menjadi rempah-rempah
  • Penduduk setempat memakan daging buahnya seperti bubur
  • di dalam polong bijinya terdapat bubur putih yang jika dicampur dengan air menjadi minuman yang menyegarkan
  • Para petani mencampur daging buah baobab dengan air untuk mengobati malaria
  • bijinya juga dapat dibakar dan dimakan seperti kacang tanah dan jika ditumbuk dapat dibuat menjadi mentega
  • kulit kayunya dapat ditumbuk dan direndam untuk dijadikan tali, jala ikan, atau pakaian.

0 komentar: