BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 26 Maret 2010

BOX JELLYFISH

Jellyfish adalah setiap anggota plankton laut yang termasuk dalam kelompok hewan invertebrata yang terdiri dari sekitar 200 spesies dari kelas Scyphozoa/ Cubozoa. Box jellyfish, adalah ubur-ubur yang namanya diambil dari bentuk tubuhnya yang mirip kotak. Mereka adalah invertebrata yang masuk dalam kelas Cubozoa. Box jellyfish adalah hewan yang aneh, predator dengan tingkat racun yang sangat tinggi. 70 dari 200 spesies jellyfish yang diketahui menyengat menyebabkan berbagai reaksi bagi manusia: dari iritasi kulit ringan sampai dengan kematian. Sengatan box jellyfish bernama Chironex fleckeri adalah sangat beracun, sehingga dapat menyebabkan kematian. Tidak heran jika sebagian orang bahkan menyebut makhluk ini sebagai "binatang paling mematikan di bumi".
Mereka adalah ciptaan yang mengagumkan dengan 24 mata dan 4 otak paralel. Keduapuluh empat mata itu membentuk tandan di keempat sisi tubuhnya yang menyerupai kubus. 16 dari jumlah itu hanyalah seperti lubang dengan pigmen peka cahaya, tetapi dalah satu pasanmg ada di tiap tandan adalah mata yang kompleks. Mata kompleks itu memiliki lensa yang pintar, retina, iris dan kornea. Semuanya berada dalam sebuah mata yang hanya berukuran 0,1 milimeter. Subhanallah. Berbagai jenis box jellyfish dari berbagai macam tingkat racun dapat ditemukan di Australia, Filipina, Hawaii, Indonesia,Vietnam, Karibia, dan wilayah tropis lainnya. Box jellyfish adalah makhluk yang sangat berbisa bahkan bagi manusia. Beberapa spesies laut (seperti kura-kura) kebal terhadap racun hewan ini, dan dikenal memangsa makhluk tersebut. Box jellyfish dkenal dangan racunnya yang sangat kuat yang dimiliki oleh spesies mereka. Spesies Chironex flelckeri, Carukia barnesi, dan Malo kingi adlah diantara makhluk paling beracun di dunia. Sengatan dari spesies-spesies tersebut sakitnya luar biasa. Meskipun demikian, tidak semua spesies ini berbahaya bagi manusia. Racun dari box jellyfish setidaknya telah menyebabkan kematian sampai 5.568 yang tercatat sejak tahun 1954. setiap tentakelnya memiliki sekitar 500.000 cnidocyte yang merupakan jarum berbentuk seruit yang menyuntikkan racun kekorbannya.
Box jellyfish dikenal sebagai lubang penghisap di laut bukan hanya karena sengatan mereka jarang sekali terdeteksi sampai racunnya disuntikkan, tetapi juga karena tubuh mereka yang hampir transparan.

0 komentar: