BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 11 Maret 2010

Mengapa Kunang-kunang Bercahaya???

Di malam hari, di sekitar kebun atau semak myang gelap, ada kalanya kita melihat cahaya yang berpendar kuning atau hijau seperti lampu. Itulah kunang" yang dalam bahasa Inggris disebut firefly. Makhluk ini termasuk jenis serangga bercahaya dari kelompok kumbang (Coleoptera-Lampyridae). Bagaimana kunang" bercahaya???

Kunang" memancarkan cahaya tidak terus-menerus, melainkan berkelap-kelip atau pergantian antara menyala dan padam. Ini berarti ada mekanisme tertentu dalam tubuhnya yang berperan menyalakan dan mematikan cahaya. Hal ini telah lama menjadi teka-teki bagi ilmuan. Saklar berukuran molekul ini ternyata adalah zat kimia Nitrit Oksida (NO) yang dihasilkan dalam tubuh kunang". Dalam penelitian itu, kunang" yang ditempatkan di kotak kecil tertutup dan diberi zat NO ternyata memancarkan cahaya terus-menerus tanpa terputus-putus.

Pakar Biologi menemukan, cahaya yang dikeluarkan berperan dalam menemukan pasangan. Cahaya kunang" juga berperan pula sebagai tanda peringatan. Cahaya akan memperingatkan antar sesama jenisnya tentang ancaman bahaya, maupun peringatan bagi serangga dan burung pemangsa agar tidak memakannya.

sumber: wildan edisi11

0 komentar: